top of page

Rawan Macet, Polisi Imbau Pengendara Hindari Jalur Puncak Bogor


Polres Cianjur mengimbau pengguna jalan dengan tujuan Bogor, Jakarta dan seterusnya untuk menghindari melintas di Jalur utama Puncak karena tingginya volume kendaraan yang melintas, sehingga terpaksa dilakukan buka tutup jalur menuju Cipanas-Puncak mulai dari perempatan Tugu Lampu Gentur-By Pass, Cianjur.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Meilawaty mengatakan, sejak dua hari terakhir seiring libur panjang akhir pekan, volume kendaraan yang melintas di Jalur Puncak-Cipanas terus meningkat termasuk arus dari Cianjur menuju Bogor. "Pagi menjelang siang, kami sudah memberlakukan sistem buka tutup satu arah mulai dari Tugu Lampu Gentur, sebagai upaya mengantisipasi terjadinya macet total di kawasan Puncak. Sifatnya tentatif ketika sudah mulai mencair, jalur kembali dibuka secara normal," katanya dikutip dari Antara, Sabtu (05/9/2020). Sejak pagi hingga siang menjelang antrian kendaraan mulai mengular sejauh beberapa kilometer menuju arah Bogor, sehingga pihaknya melakukan kordinasi dengan Polres Bogor, untuk mendorong arus agar tidak terjadi antrian kendaraan tanpa bergerak. Sedangkan dari arah sebaliknya menjelang sore antrian kendaraan mamasuki kawasan Puncak-Cipanas, terus meningkat bahkan antrian dengan laju kendaraan tersendat terlihat di beberapa titik rawan macet seperti pertigaan Hanjawar, Kebun Raya Cibodas dan Jalan Raya Pasekon. Rekayasa Arus

"Kami menurunkan 73 anggota untuk melakukan rekayasa arus ketika antrian terus memanjang dan laju kendaraan tersendat. Mulai dari Tugu Lampu Gentur, arus ditutup dengan tujuan Cipanas-Puncak dan kami arahkan pengguna jalan dengan tujuan Bogor dan seterusnya untuk mengambil jalur alternatif," katanya. Sistem buka tutup jalur tersebut, akan dilakukan hingga Minggu sebagai upaya memutus rantai antrian di sepanjang jalur Puncak yang diperkirakan akan terjadi esok hari. "Untuk itu pengendara dari arah Bandung atau Cianjur dengan tujuan Bogor dan seterusnya diimbau untuk mengunakan jalur alternatif," katanya. Pantauan hingga sore menjelang, antrian kendaraan menuju Bogor dari arah Cianjur, terus meningkat. Sedangkan antrian kendaraan dari arah Bogor menuju Puncak-Cianjur, mulai mengular menjelang sore, sehingga petugas melakukan bnerbagai rekayasa untuk menghindari macet total menjelang malam.


14 views0 comments
bottom of page